TENTANG IMK


Tujuan IMK.

ð Menghasilkan sistem yang : - Bermanfaat (usable) : Sistem mudah digunakan dan dipelajari. - Aman (safe) - Efektif - Efisien - Utilitas : Sistem dapat meningkatkan efektifitas dan efisien kerjanya.

ð Mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Tujuan mempelajari IMK.

ð Dapat membuat interface yang baik.

ð Meminimalkan kesalahan di interface.

ð Membuat sistem computer yang user-friendly.

Dalam berinteraksi dengan komputer, pertama kali user akan berhadapan dengan perangkat keras komputer. Untuk dapat berinteraksi dengan software, user dihadapkan dengan seperangkat alat seperti keyboard, monitor, mouse, joystick, dan lain-lain, dan user harus dapat mengoperasikan alat-alat tersebut. Selanjutnya, user berhadapan dengan macam-macam tampilan menu, perintah, atau macam-macam ikon. Peralatan, perintah, ikon dan lain-lain itu dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung bertatap muka dengan pemakai. Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah interface adalah :

1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah interface. 2. Metode implementasi interface. 3. Metode evaluasi dan perbandingan interface. 4. Pengembangan interface baru. 5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah interface baru.

Untuk membuat interface yang baik, dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, seperti : 
1. Teknik elektronika & ilmu komputer Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem IMK/HCI 
2. Psikologi Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik user. 
3. Perancangan grafis dan tipografi Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & computer 
4. Ergonomik Aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja. 
5. Antropologi Ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya 
6. Linguistik Mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah. 
7. Sosiologi Pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor. 8. Bisnis Memahami tentang pemasaran.

Contoh IMK dalam kehidupan sehari-hari : 1. Handphone. 2. Internet. 3. Computer atau laptop. 4. Mesin ATM. 5. Internet banking. 6. Rontgen. 7. Lampu lalu-lintas. 8. Dan lain-lain. Kaitan dalam Sistem Informasi. Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Zora - One Piece

Naruto Shippuden Movie 5 blood prison

Comments List

Koment